Jumat, 30 September 2011

HAKEKAT PEMBELAJARAN


HAKEKAT PEMBELAJARAN
By. Kanaq Sejomank
Pendidikan menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepribadian. Latihan menitikberatkan pada pembentukan keterampilan, sedangkan pengajaran merupakan proses pengajaran yang terarah pada tujuan yang direncanakan. Sedangkan teknologi pendidikan menitikberatkan pada aplikasi kreatif ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan.
Kata pembelajaran berasal dari kata belajar yang ditambah dengan awalan pe- dan akhiran –an. Jadi pembelajaran adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan sesuatu uang bermamfaat dengan jalan membaca, melihat, mendengar dan merasakan.
Menurut Prof. Dr. Sudarman Danim, pembelajaran adalah proses pertumbuhan dan perubahan secara terus menerus, dimana proses itu bersifat terintegrasi menurut pencerahan nilai-nilai dan sikap serta mengunakan informasi umpan balik (fadeback) melalui proses menciptakan perubahan.
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun, meliputi unsur-unsur manusiawi, materiel, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
Unsur minimal dalam system pembelajaran adalah siswa, tujuan dan prosedur. Sedangkan fungsi guru dapat dialihkan kepada media pengganti. Unsur dinamis pembelajaran pada diri guru terdiri dari motivasi membelajarkan siswa dan kondisi guru siap membelajarkan siswa. Unsur pembelajaran konkruen dengan unsur belajar yang meliputi belajar, sumber bahan belajar, alat bantu belajar, suasana belajar dan subyek yang belajar, (Aqib, 2002:41).

0 komentar:

Posting Komentar