Jumat, 30 September 2011


PENGERTIAN KUALIFIKASI GURU
1.      Pengertian Kualifikasi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang di terbitkan oleh PT Balai Pustaka, definisi kualifikasi itu adalah :
-       Pendidikan khusus untuk memperoleh suatu keahlian
-       Keahlian yang di perlukan untuk melakukan sesuatu
-       Tingkatan
-       Pembatasan (1999:302)
Sedangkan kualifikasi akademik adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh guru atau dosen sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan formal di tempat penugasan, (UU RI Nomor 14 Tahun 2005, 2005:3).
Jadi bila kita gabungkan dua definisi diatas, maka dapat kita mengambil sebuah kesimpulan bahwa kualifikasi adalah Pendidikan atau keahlian khusus yang diperlukan untuk melakukan sesuatu yang dibuktikan dengan ijazah pendidikan yang ditempuhnya.
2.      Pengertian Guru
11
 
Guru merupakan orang yang pekerjaannya mendidik, mengajar dan mengasuh, inilah pengertian secara sederhana yang di mengerti oleh kita.
Ahmad D Marimba (1980:20). Memberikan definisi sebagai berikut: “Dalam dunia pendidikan, yang lazim disebut pendidik adalah orang tua, guru dan pemimpin atau tegasnya orang yang telah dewasa”.
Dalam pengertian sederhana “Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Guru dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan ditempat tertentu, tidak mesti dilembaga pendidikan formal, tapi bisa juga di masjid, di surau/mushalla, di rumah dan sebagainya”, (Bahri, 1997.31).
Dalam UU RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada Bab I dalam ketentuan umum memberikan definisi guru, “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.
Dari beberapa definisi dan pengertian diatas, maka dapat kita tarik sebuah kasimpulan bahwa guru adalah orang dewasa yang tugasnya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal maupun non formal. 

Dengan melihat definisi kualifikasi dan guru di atas, kita dapat memberikan sebuah pengertian umum terhadap kualifikasi guru yang akan di bahas pada skripsi ini. Kualifikasi guru adalah Pendidikan atau keahlian khusus yang diperlukan untuk melakukan tugas keguruannya yang dibuktikan dengan ijazah yang didapatnya dari pendidikan kualifikasi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar