Jumat, 30 September 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN


STRATEGI PEMBELAJARAN
(pengertian, pendekatan, strategi, metoe, teknik, taktik dan model pembelajaran)
Oleh :
Muazzatun Adawiyah, M.SI

Newman dan logan (Abin  Syamsudin Makmun, 2003) mengemukakan 4 unsur yang trategi dari setiap usaha:
  1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan mengkualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus di capai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memeluknya.
  2. Memeprtimbangkan dan memilih pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.
  3. Memepertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (step) yang akan ditempuh agar titik awal sampai dengan sasaran.
  4. Mempertimbangkan dan menetapakan tolak ukur (ccriteria) dan patokan ukuran (standar) untuk mengukur san meneilai taraf keberhasilan (achieverment) usaha.
Pembagian strategi PAI
  • Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dkeleompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu ; (1) expotion-discovery learning dan (2) group-individual learning ( rowntree dalam wina senjaya, 2008),
  • Ditinjau dari carapenyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajran deduktif.
Pendekatan pembelajaran
  • Dapat diartikan sebagai titik tolao atau sudut pandang kita terhadapa proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalam mewadahi, menginsipirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajran dengan cakupan teoritis tertentu.

Jika kita di impilimintasikan dalam konteks pembelajaran, ke-4 unsur tersebut adalah :
  1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
  2. Mempertimbangkan dan memilih system pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
  4. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau krtiteria dan ukuran baku keberhasilan.
Keterkaitan strategi dengan metode pembelajaran
  • Strategi pembelajran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplimintasikannya digunakan berbagai metode pembelajran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008)).
Jenis-jenis pendekatan pembelajaran
  1. Pendekatan pebelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student contered approach).
  2. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Strategi pembelajran PAI
  • Startegi adalah langkah-langkah yang dipilih oleh guru dalam menyampaikan pelajaran.
  • Strategi pembalajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan sisiwa tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efiseien.
  • Selnajutnya dengan mengutip pemimpin J.R David, Wine Senjaya (200*) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan, artinya bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Metode pebelajaran PAI
·         Metode pembelajran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplimintasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran
·         Atau dengan kata lain cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajran.
·         Dengan demikian

0 komentar:

Posting Komentar