Jumat, 30 September 2011

Pendidikan Agama Islam


KAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM
A.      PENGERTIAN PENDIDIKAN
Istilah pendidikan berasal dari bahasa yunani, yaitu “Paedagogie” Yang berarti bimbingan yang di berikan kepada anak. Istilah ini kemudian di terjemahkan ke dalam bahasa inggris dengan “education” yang berarti pengembangan atau bimbingan.. sedangkan dalam bahasa arab istilah in sering di sebut dengan tarbiyah yang berarti pendidikan.
Istilah pendidikan dalam pendidikan islam kadang-kadang di sebut At-ta’lim. At-ta’lim biasa di terjemahkan dengan pengajaran. Menurut mu’jam (Kamus) kebahasaan, kata Al-tarbiyat memiliki tiga akar kebahasaan, yaitu :
a.       تر بية – ير بو – ربا  : yang memiliki arti tambah (zat) dan berkembang (nama). Pengertian di dasarkan atas QS. Al-rum ayat : 59.
b.      يربى – تربية – ربى yang berarti memiliki arti tumbuh (Masya’) dan menjadi besar (tara ra’a)
c.       تربية – يربى – رب : yang memiliki arti memperbaiki (ashalaha), menguasai urusan, memelihara, merawat, menunaikan, memperindah, member makan, mengasuh, tuan, memiliki, mengatur dan menjaga kelestarian dan eksisitensinya.
Pada masa sekarang ini istilah yang popular sekali di gunakan adalah tarbiyah, tarbiyah itu sendiri memiliki banyak arti danpendapat salah satu di antaranya adalah upaya yang mempersiapkan individu –individu untuk kehidupan yang lebih sempurna etika, sistimatika dalam berfikir, memiliki ketajaman intuisi, giat dalam berkreasi, memiliki toleransi pada orang lain, berkopetensi dalam mengungkap bahasa lisan dan tulisan, serta memiliki keterampilan.
Sedang pendidikan Islam adalah suatu proses edukatif yang mengarah kepada pembentukan akhlak atau kepribadian.
B.      PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SUATU SISTEM
Sisitem adalah sejumlah elemen (objek, orang, aktivitas dan struktur secara teratur dan merupakan kesatuan organisasi yang berfungsi untuk mewujudkan hasil yang dapat di amati (dapat dikenal wujudnya).
Pada dasarnya system-sistem social mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
1.       Terdiri dari unsur-unsur yang saling berkaitan (interpendent) santara satu sama lainnya.
2.       Berorintasi kepada tujuan (goal oriented) yang telahdi tetapkan.
3.       Di dalamnya terdapat peraturan-peraturan tata tertib berbagai kegiatan dan sebagainya.
System adalah suatu kesatuan dari komponen-komponen yang masing-masing berdiri sendiri tetapi saling berkaitan satu dengan yang lainnya, sehingga terbentuk suatu kebulatan yang utuh dala mencapai tujuan yang di inginkan.
C.      PERBEDAAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SISTEM PENDIDIKAN NON ISLAM
1.       Sistem Idiologi
Pendidikan islam memiliki idiologi al – tauhid yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah, sedangkan non islam memiliki berbagai macam idiologi yang bersumberkan dari isme-isme materialism, komunis, ateis, sosialis, kapitalis dan sebagainya.
2.       System nilai
Pendidikan islam bersumber dari nilai Al-Qur’an dan sunnah, sedangkan pendidikan non islam bersumberkan dari nilai-nilai yang lan yaitu dari hasi pemikiran, hasil pebnelitian para ahli dan adat kebiasaan masyarakat.
3.       Orientasi pendidikan
D.      PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM
Prinsip berarti asa (kebenaran yang jadu pokok dasar orang berpikir, bertindak dan sebagainya) apabila dikaitkan dengan pendidikan dapat diartikan dengan kebenaran yang universal sifatnya, yang dijadikan dasar dalam merumuskan perangkat pendidikan.
Prinsip pendidikan terambil dari dasar pendidikan, baik berupa agama ataupun ideology Negara yang dianut.
Prinsip pendidikan islam yang merupakan pandangan yang di dasari oleh filosofi diatas yang bercermin nantinya dalam prinsip pendidikan. Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud adalah :
a.       Prinsip pendidikan islam merupakan implikasi dari karakteristik (cirri-ciri) manusia menurut islam.
-          Fitrah manusia itu sendiri
-          Kesatuan roh dan jasad
-          Kebebasan berkehendak
b.       Prinsip pendidikan islam adalah integral dan terpadu
c.       Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan yang seimbang
d.      Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan universal
e.      Prinsip pendidikan islam adalah dinamis

Dasar pendidikan islam
Dasar adalah landasan untuk berdirinya sesuatu. Fungsi dasar ialah memberikan arah kepada tujuan yang akan dicapai dan sekaligus sebagai landasan untuk berdirinya sesuatu.
Dasar ideal pendidikan ialam adalah identik dengan ajaran agama islam itu sendiri. Keduanya berasal dari sumber yang sama yaitu Al-Qur’an dan Hadsit. Kemudian dasar itu tadi di kembangkan dalam pemahaman para ulama dalam bentuak :
1.       Al-Qur’an
2.       Sunnah (Hadits)
3.       Perkataan, perbuatan dan sikap para sahabat
4.       Ijtihad
Sedangkan dasar operasional merupakan dasar yang terbentuk sebagai aktualisasi dari dasar ideal. Menurut Langgunlung, dasar operasional dapat dibagi kepada enam macam.
1.       Dasar historis
2.       Dasar sosiologis
3.       Dasar ekonomis
4.       Dasar politik dan administrasi
5.       Dasar psikologis
6.       Dasar filosofis

0 komentar:

Posting Komentar